Membuat parfum sendiri

Tidaklah sulit membuat wewangian sendiri. Entah itu untuk parfum tubuh, untuk dicampurkan dengan air mandi, atau sekedar pengharum ruangan. Bahan-bahannya bisa Anda dapatkan di toko kimia atau supermarket.Yang perlu Anda ingat adalah komposisi antara alkohol sebagai cairan dasar dan minyak esensialnya. Untuk parfum, mengandung 15-30% minyak esensial. Sedangkan untuk pengharum air mandi mengandung 5-10% dan cologne 1-2%.Bahan yang Anda perlukan untuk membuat wewangian:
Minyak esensial pilihan Anda (misalnya mawar, lavender, atau cendana)
Alkohol
Pipet
Botol atau wadah lainnya
Untuk alkohol, konsentrasi ethyl alkohol tertinggi (95%) adalah yang terbaik. Namun sulit sekali mendapatkan alkohol dengan konsentrasi tinggi tersebut. Umumnya 60-80%. Anda bisa menggunakan vodka dengan kandungan alkohol tertinggi.Dalam wewangian, dibutuhkan fiksatif, bahan pendukung yang berfungsi mencampurkan bahan dengan sempurna. Bahan fiksatif yang umum dipakai adalah minyak cendana, benzoin, vanili, balsam Peru, minyak biji anggur, minyak jarak, atau cairan dari dalam kapsul vitamin E.Aturan dasar dalam membuat parfum:
1. Gunakan wadah dari gelas, jangan plastik.
2. Catat isi setiap wewangian yang Anda buat dan tanggal pembuatan. Dengan demikian, jika Anda akan lebih mudah untuk membuatnya lagi atau memodifikasinya.
3. Simpan dulu formula yang telah Anda buat beberapa hari s/d minggu di tempat yang sejuk, kering dan gelap untuk mendapatkan wangi yang sebenarnya.
4. Setiap kali meneteskan minyak esensial, cek dulu baunya sampai Anda mendapatkan bau yang Anda inginkan.
5. Setiap kali mengambil minyak esensial yang berbeda, bersihkan dulu pipet dengan alkohol. Atau gunakan pipet yang berbeda untuk masing-masing minyak.Selamat mencoba..

3 comments:

robiada chi said...

Saya suka seX pake parfum...
Banyak bnged merk parfum yg sya pake... dari yg mhal sampe yg murah. Tpi hsilnya kurng memuaskan...Parfum sya pake c2 seX hilang wanginya....
Sya ingin c4 mencoba buat parfum sendri.....hihihi
Tks.... : D

Anonymous said...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Komposisi minyak wangi.

----------

Unknown said...

mau nyoba nih parfum diatas, biar tampah wangi haha